ketemu lagi…nyambung yang kemarin Cara Kerja Pompa
• Cincin kam diam • Rotor berputar bersama – sama dengan baling – baling • Gerakan baling – baling dibatasi oleh cincin kam dan mengalirkan fluida dari lubang isap ke lubang tekan • Lubang isap besar, sedangkan lubang tekan kecil, maka terjadi penekanan, karena adanya penyempitan ruang
Sistem yang ada pada unit pompa • Katup pengatur volume • Sistem idle – up
Mengapa diperlukan katup pengatur volume ?
• Semakin tinggi putaran motor volume cairan yang dihasilkan pompa semakin • besar • Tenaga untuk membantu penguat tenaga kemudi semakin besar pula ( lihat diagram di bawah )
Diagram volume tanpa katup pengatur
• Bila bantuan tenaga terlalu besar, merugikan stabilitas pengemudian, karena sopir tidak bisa merasakan kontak roda dengan permukaan jalan sangat berbahaya. Perlu katup pengatur volume ! Katup Pengatur Volume “ Konstan “
Diagram katup pengatur volume konstan :
Katup Pengatur Volume “ Sebanding Putaran Mesin “
• Semakin tinggi rpm mesin, semakin tinggi kecepatan kendaraan, maka semakin kecil kontak ( gesekan ) roda terhadap jalan • Diperlukan penurunan tekanan fluida yang membantu penguat tenaga kemudi dengan jalan menurunkan volume fluida yang dihasilkan oleh pompa untuk membantu penguat tenaga kemudi
Diagram katup pengatur volume “ sebanding putaran mesin “
Gambar penampang katup pengatur volume “ Sebanding putaran mesin “
Cara Kerja Katup Pengatur Volume “ Sebanding Putaran Mesin “
Putaran Tinggi ( Di Atas 2500 rpm )
Katup tekanan lebih :
• Katup tekanan lebih terletak di dalam katup A • Apabila tekanan P2 melebihi = 80 Bar, katup tekanan lebih ( katup bola ) membuka gunanya untuk menurunkan tekanan • Apabila tekanan P2 turun lalu katup A lebih terdorong ke kiri gunanya untuk membuka lubang ke reservoar Sistem Idle – Up ( Menaikan Putaran Idle )
Putaran idle untuk menggerakkan pompa, motor bisa mati, supaya motor terus hidup putaran idle dinaikkan dengan sistem idle – up
Cara kerja : • Bila pompa bekerja menghasilkan tekanan fluida • Tekanan fluida mendorong katup vakum • Pada saluran vakum kevakuman menjadi besar lalu diafragma turun ke bawah membuka katup gas • Putaran idle naik
0 komentar: