1. Difinisi Toe Selisih jarak antara roda bagian depan dengan roda bagian belakang jika dilihat dari atas kendaraan
1.1 Toe – Nol ( 0 ) Toe nol, roda kiri dan kanan pada posisi pararel Jarak A = B
Toe – In ( Toe Positif )
Roda bagian depan berada pada posisi saling mendekat Toe-in : A kurang dari B Disebut juga toe positif 1.2. Toe-Out ( Toe-Negatif )
2. Fungsi Toe 2.1. Sebagai Koreksi Camber ( Saat Jalan Lurus ) Reaksi rolling camber menyebabkan roda menggelinding ke arah luar oleh sambungan kemudi roda dipaksa bergerak lurus ke arah jalannya kendaraan. Akibatnya roda menggelinding dengan ban menggosok pada permukaan jalan
Reaksi toe-in mengakibatkan roda menggelinding ke arah dalam, sehingga efek rolling camber ke arah luar dapat diatasi sehingga roda dapat menggelinding lurus tanpa terjadi ban menggosok pada permukaan jalan, sehingga dapat : • Menghemat ban / keausan ban merata • Pengemudian stabil / tidak timbul getaran
2.2. Sebagai Koreksi Gaya Penggerak
Mobil dengan penggerak roda belakang Gaya penggerak dari aksel belakang diteruskan ke aksel depan melalui rangka Reaksi tahanan gelinding ban roda depan yang mengarah ke belakang menyebabkan roda bagian depan cenderung bergerak ke arah luar Untuk mengatasi reaksi roda bagian depan cenderung bergerak ke arah luar perlu penyetelan Toe in ( Toe positif ) Penyetelan toe-in umumnyam : 0 + 5 mm
Mobil dengan penggerak roda depan Gaya penggerak diteruskan ke aksel belakang melalui rangka Reaksi tahanan gelinding roda belakang yang mengarah ke belakang menyebabkan roda depan bagian depan cenderung bergerak ke arah dalam Untuk mengatasi reaksi roda depan bagian depan cenderung bergerak ke arah dalam perlu penyetelan : Toe out ( toe negatif ) Penyetelan toe – out umumnya : 0 + 2 mm
3. Ukuran Toe 3.1. Ukuran Toe Dalam Derajat Toe diukur dari sudut roda terhadap aksis memanjang kendaraan
3.2. Ukuran Toe Dalam mm Dan Inchi Toe diukur / diperhitungkan dalam satuan jarak Yaitu selisih jarak roda bagian depan dengan jarak roda bagian belakang ( A < B